Sabtu, 02 November 2013

KPRI Universitas Jember, Terbaik Se Jawa Timur

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Jember dinobatkan sebagai Koperasi Terbaik se Jawa Timur tahun 2013 di bidang usaha simpan pinjam. Penyerahan penghargaan berupa sertifikat dan tropi diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. Soekarwo pada puncak Peringatan Hari Koperasi ke 66 tahun 2013 Provinsi Jawa Timur di Situbondo, tanggal 30 Juni 2013 lalu. Prestasi ini melengkapi raihan prestasi lain yang sudah dikumpulkan oleh KPRI Universitas Jember.
Ditemui di sela-sela kesibukannya, Ketua KPRI Universitas Jember, Sugijono, SH., MH menjelaskan jika keberhasilan ini adalah hasil kerja keras semua pengurus KPRI Universitas Jember dan dukungan semua pihak, baik para anggota KPRI Universitas Jember maupun Dinas Koperasi Jember dan Provinsi Jawa Timur. Menurut dosen Fakultas Hukum ini, ada lima parameter yang dijadikan sebagai dasar untuk menetapkan sebuah koperasi berprestasi di bidang usaha simpan pinjam. “Kelima parameter tersebut adalah pengelolaan simpan pinjam, kemudahan dalam proses pinjaman, akuntabilitas, besarnya omzet pinjaman dan ada tidaknya kredit macet,” jelasnya.
Dan menurut Tim Penilai yang dibentuk oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, KPRI Universitas Jember memenuhi kelima parameter yang sudah ditetapkan sehingga pantas menyandang gelar koperasi terbaik di bidang usaha simpan pinjam se Jawa Timur. Tengok saja sampai bulan Juli 2013 ini, KPRI Universitas Jember melalui Unit Simpan Pinjam telah menyalurkan kredit sebesar 45 milyar rupiah lebih. “Sementara untuk tahun 2013 ini saja sampai bulan Juni kita sudah menyalurkan pinjaman sebesar 23 juta rupiah lebih kepada anggota,” tambah Sugijono, SH., MH.
Penyaluran pinjaman tersebut diimbangi dengan pengelolaan dan pengawasan yang baik, semisal melibatkan akuntan publik untuk memeriksa kondisi keuangan KPRI Universitas Jember setiap akhir tahun buku. Penggunaan teknologi informasi juga diterapkan berupa penerapan Sistem Informasi Manajemen Usaha Simpan Pinjam. Pelayanan kepada anggota pun selalu ditingkatkan, antara lain dengan kemudahan proses peminjaman dan meningkatnya besaran batas peminjaman. “Saat ini bagi anggota KPRI Universitas Jember yang berstatus PNS bisa mengajukan pinjaman sampai 100 juta rupiah,” kata M. Jazuli, SH, Sekertaris KPRI Universitas Jember yang turut mendampingi.
Selain memiliki Unit Simpan Pinjam, koperasi yang berdiri sejak 2 Agustus 1980 ini juga mengelola bidang usaha lainnya, antara lain unit pertokoan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, pelayanan jasa, tiket pesawat dan usaha lainnya. Bahkan sebagai langkah perluasan usaha, KPRI Universitas Jember berencana membangun toko yang lebih besar. “Alhamdulillah, KPRI Universitas Jember telah mampu membeli lahan seluas 2666 meter persegi di jalan Sumatera yang rencananya akan menjadi lokasi toko kita,” ungkap Sugijono, SH., MH.
Direncanakan pada 26 Agustus nanti, tim dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur akan mengunjungi KPRI Universitas Jember dalam rangka persiapan pengajuan KPRI Universitas Jember sebagai koperasi terbaik tingkat nasional untuk usaha simpan pinjam. Pengajuan KPRI Universitas Jember bukan tanpa sebab karena melihat deretan prestasi yang sudah diraih, antara lain tahun lalu terpilih sebagai 300 Koperasi Unggulan Indonesia versi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). “Kami mohon dukungan dan doa restu semua anggota KPRI Universitas Jember untuk maju ke tingkat nasional,” pungkas Sugijono, SH., MH. (iim)

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply

Pengikut