Sabtu, 02 November 2013

Universitas Jember Dan RS Paru Sepakat Kembangkan Penelitian Mengenai Iwak Kuthuk

Ikan Gabus (Channa striata) atau yang lebih dikenal di kalangan masyarakat Jawa sebagai iwak kuthuk ternyata memiliki kandungan albumin yang tinggi, sehingga berguna bagi pasien yang tengah dalam masa penyembuhan. Tidak heran jika berbagai penelitian mengenai ikan gabus kini banyak dilakukan, termasuk yang kini tengah dikembangkan oleh Universitas Jember bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Paru Jember. Secara resmi, perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD dan Direktur RS Paru Jember, dr. Arya Sidemen, MPH di Gedung Rektorat dr. R. Achmad (13/8).
Menurut Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD penelitian mengenai Ikan Gabus ini diharapkan mampu memberikan kemanfaatan nyata bagi masyarakat, tidak sekedar berhenti di tataran penelitian belaka. “Jika nantinya sudah bisa ditemukan pemanfaatan dan aplikasi dari albumin yang berasal dari Ikan Gabus, maka pasti akan ada penelitian lanjutan yang berefek bagi masyarakat. Contohnya saja, jika albumin dari Ikan Gabus bisa dirupakan kapsul maka butuh pasokan Ikan Gabus yang artinya kita harus menemukan metode yang tepat untuk beternak Ikan Gabus seperti yang diharapkan, kemudian bisa kita tularkan kepada masyarakat,” ujarnya.  Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD menambahkan hasil penelitian ini sebisa mungkin pada akhirnya benar-benar bisa dirasakan masyarakat sehingga tidak hanya berhenti pada tataran laboratorium.
Sementara itu Direktur RS Paru Jember, dr. Arya Sidemen, MPH menegaskan dalam kerjasama ini para praktisi kedokteran masih memerlukan ide-ide segar dari para akademisi. “Kerjasama untuk meneliti bagaimana lebih mengefektifkan kandungan albumin pada ikan gabus untuk proses penyembuhan khususnya bagi penderita penyakit TBC memang diperlukan ide dari berbagai disiplin ilmu seperti kimia dan farmasi, selain dari ilmu kedokteran sendiri. Ke depan jika sudah didapat produk tertentu dari albumin ikan gabus maka akan lebih banyak disiplin ilmu yang akan terlibat. Selanjutnya penelitian ini juga akan berfokus bagaimana ikan gabus ini akan berperan dalam perekonomian masyarakat melalui budidaya. Untuk itu kami menggandeng Universitas Jember”.(Iim/did)

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply

Pengikut